Korban Jatuh Meteor Rusia

meteor
Price
Deskripsi Produk
meteor
MOSKOW – Warga Rusia dikagetkan dengan benda yang melesat cepat dari langit, melemparkan bola-bola api, dan mengantam jendela-jendela bangunan di Rusia Tengah pada Jum’at (15/2/2013).

Insiden mengejutkan ini menyebabkan kemacetan di kota Chelyabinsk, yang terletak di kaki pegunungan Ural, karena para pengemudi yang terkejut berhenti dan menonton pecahan meteor yang sebagiannya terbakar di atmosfer yang lebih rendah dan menyala di langit, sebagaimana dilaporkan oleh AFP.

Menurut Menteri Urusan Darurat, lebih dari 500 orang menderita luka-luka, 112 di antaranya telah masuk rumah sakit. Sementara 300 bangunan mengalami kerusakan, meliputi sekolah, rumah sakit, sebuah pabrik seng dan bahkan stadion Es Hoki.

Tayangan video amatir di televisi Rusia menunjukkan sebuah objek bergerak dalam kecepatan tinggi di langit, pada pukul 09.20 waktu setempat. Benda langit tersebut meninggalkan jejak putih dan kilatan cahaya. Jejak putih di langit itu bisa terlihat hingga Yekaterinburg yang jaraknya berkisar 200 km dari Chelyabinsk.

Sementara ini belum ada rincian ilmiah apakah insiden ini hujan meteor atau bukan. Juru bicara Kementrian Urusan Darurat Irina Rossius mengatakan, saat itu terjadi hujan meteor. Namun Elena Smirnikh juru bicara kementrian lainnya kepada kantor berita Interfax, menjelaskan bahwa hanya ada satu meteorit.

Akibat insiden ini, sekolah-sekolah ditutup dan pertunjukan teater di wilayah tersebut dibatalkan.

5 24